"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"

Kamis, 11 April 2013

Konversi Bilangan Desimal Ke Bilangan Biner

Berikut ini akan kita akan belajar mengkonversikan bilangan desimal ke sistem bilangan biner, oktal, maupun heksadesimal. 

1. Konversi Bilangan Desimal Ke Bilangan Biner 
Ada beberapa metode untuk mengkonversikan dari sistem bilangan desimal ke sistem bilangan biner. Metode yang pertama dan paling banyak digunakan adalah dengan cara membagi nilai dua (2) dan sisa setiap pembagian merupakan digit biner dari bilangan biner hasil konversi. 
Metode ini disebut “metode sisa” (remainder method). 

Misal: (35)10 = (…………..)2 

Maka, 

Cara untuk mendapatkan pembacaan sistem bilangan biner tersebut adalah dimulai dari bawah ke atas. Jadi bilangan desimal 35 dalam sistem bilangan biner adalah 110001. 

2. Konversi Bilangan Desimal Ke Bilangan Oktal 
Metode yang sama dari contoh konversi bilangan biner diatas juga berlaku untuk sistem bilangan oktal, yaitu dengan cara membagi nilai delapan (8) dan sisa setiap pembagian merupakan digit oktal dari bilangan oktal hasil konversi. 

Misal: 
(200)10 = (………….)8 

Maka, 


Cara untuk mendapatkan pembacaan sistem bilangan oktal tersebut adalah dimulai dari bawah ke atas. Jadi bilangan desimal 200 dalam sistem bilangan oktal adalah 310. 

3. Konversi Bilangan Desimal Ke Bilangan Heksadesimal 
Dengan cara yang sama dari contoh konversi bilangan biner maupun oktal diatas juga berlaku untuk sistem bilangan heksadesimal, yaitu dengan cara membagi nilai enambelas (16) dan sisa setiap pembagian merupakan digit heksadesimal dari bilangan heksadesimal hasil konversi. 

Misal: 

(1700)10 = (………….)16 

Maka, 





Cara untuk mendapatkan pembacaan sistem bilangan heksadesimal tersebut adalah dimulai dari bawah ke atas. Jadi bilangan desimal 1700 dalam sistem bilangan heksadesimal adalah 6A4. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar