"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"

Selasa, 23 Oktober 2012

Tips Membuat Daftar File di Dalam Folder


Pasti anda mempunyai sebuah folder yang isi filenya banyak sekali. Kebetulan anda ingin membuat daftar isinya untuk mempermudah pengelompokan file tersebut. Kira-kira cara apa yang akan anda gunakan?? Apa anda akan mencatat nama filenya satu-persatu?? Pasti akan merepotkan sekaligus melelahkan. Dari pada anda harus susah payah membuat daftar isi file anda satu persatu, lebih baik anda mencoba tips sederhana membuat daftar file di dalam folder dari saya ini.
Berikut Caranya :
1. Buka Command Promt dengan cara klik [Start] [Accessories][Command Prompt] hingga muncul jendela Command Prompt, seperti screenshot di  bawah ini.
2. Kemudian masuk ke folder yang ingin dibuat daftar isinya. Disini saya memberi contoh folder yang bernama Software yang berada di drive “D:\”. Kemudian ketik “D:” (tanpa tanda kutip), lalu tekan ENTER. Setelah itu ketik “cd Software” (tanpa tanda kutip), lalu tekan ENTER .
3. Masukan perintah dir *.* /S/B > daftarisi.txt (perintah ini bertujuan untuk menampilkan semua file yang ada di dalam folder yang kita pilih termasuk subfoldernya).
4. Anda juga dapat memasukan perintah sebagai berikut dir *.doc /S/B > daftarisi.txt (Perintah ini bertujuan menampilkan semua file word (.doc) yang ada di dalam folder yang kita pilih termasuk subfoldernya).
  
5. Selesai
NB : Untuk mengetahui perintah atau bantuan lainnya, ketik “dir /?” (tanpa tanda kutip).
SELAMAT MENCOBA *_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar