"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"

Selasa, 23 Oktober 2012

Perawatan aki motor


Hadooh.. Pagi-pagi aki motor saya soak, double starter ngadat nggak bisa dipakai menghidupkan mesin, terpaksa saya harus keluar tenaga buat ngengkol nih..

Kalau sekarang sih nggak masalah, saya cuma membayangkan ketika nanti di lampu merah tiba-tiba motor mogok, saya harus extra sabar mendengar bunyi klakson bersahutan kendaraan di belakang yang terhalang motor butut saya yang sedang ngambek..

Sebenarnya minggu lalu ada rencana beli aki baru, tetapi entah kenapa rencana itu tinggal rencana. Baru sekarang saya sadar setelah memetik buah kelalaian yang saya buat.

Setelah cari-cari di internet akhirnya saya nemu cara memperbaiki aki yang soak/rusak.
Memang cara ini butuh waktu lebih dari 1 hari, tetapi nggak ada salahnya dicoba, lumayan kalau berhasil uangnya bisa dipakai buat kebutuhan yang lain..

Berikut tips memperbaiki aki rusak yang saya dapat:

Langkah pertama, buang air aki sampai habis. Setelah itu masukkan air mendidih ke dalam aki.
Tunggu beberapa menit, buang airnya.
Ulangi langkah tersebut minimal 3 kali.

Setelah langkah tersebut dilakukan, sel-sel dalam aki akan bersih, kerak-kerak akan rontok dan keluar semua.
Simpan aki dalam posisi terbalik untuk membuang sisa air selama 1 malam..

Selanjutnya masukkan air aki pada batas yang ditentukan (diantara 2 garis atas dan bawah).

Bawa ke tukang stroom aki, atau kalau malas langsung pasang aki ke dalam motor dengan catatan jangan lakukan aktifitas menggunakan stroom dulu selama masa pengisian (jangan gunakan double starter, jangan hidupkan aneka lampu, klakson dll) sampai 1 - 2 hari.
Lebih mantap kalau anda melakukan perjalanan jauh pada masa stroom aki tersebut..

Hasilnya lumayan,
Sekarang aki motor saya bisa berfungsi normal kembali..

Sebenarnya daripada repot di belakang, alangkah bijaksananya kalau kita mau melakukan perawatan aki motor sedini mungkin.
Tidak susah kok, cuma butuh 3 langkah simpel berikut:

-Cek ketinggian air aki 3 bulan sekali.
-Bersihkan terminal aki jika sudah kotor, bersihkan selang pembuangan air jika tersumbat.
-Jangan gunakan double starter, gunakan engkol pada pagi hari.

Itu saja,..
Mudah, murah, meriah nggak bikin susah..¿

Tidak ada komentar:

Posting Komentar