"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"

Selasa, 23 Oktober 2012

Pengisian Baterai laptop berhenti sendiri ketika kabel digerakkan


Baterai laptop berhenti

Pengisian Baterai laptop berhenti ketika kabel daya pada adaptor DC  digerakkan. Laptop ini memiliki masalah daya. Ketika saya menggerakan kabel ke kiri atau kanan, lampu LED daya di bagian depan langsung off dan LED  pengisian baterai juga mati kemuaian. Dalam keadaan ini artinya baik baterai maupun power adapter masih baik tetapi masalah pada sambungan, entah socket atau jack.Kejadian ini berulang-ulang jika charge laptop dipasang awalnya berfungsi baik tapi begitu kabel goyang sedikit laptop langsung mati lagi. Saya mencurigai DC-IN power jack. Dalam hal ini tindakan pertama adalah mengukur tegangan keluaran charge jika normal walaupun kabel digoyang maka sudah pasti DC-In power jack. Tegangan diukur lalu kabel digoyang seperti gambar dibawah ini dan ternyata tidak ada masalah.
 test-power-plug
Berarti sekarang saatnya membuka laptop dan memeriksa DC-in jack. Jika anda sudah membeli ebook Qbonk Media Group yaitu Panduan Teknisi Laptop, maka membuka laptop bukan masalah lagi.
 dc-in-harness
Gambar di atas menunjukkan power dc-in yang harus dibuka dan dicek dengan avometer. Lihat gambar berikut. Pada DC-in power jack ini ada 4 jalur dengan tegangan sama, dua postip dua negative. Lihat gambar di bawah;
 power-on
Pengukuran pertama seperti di atas berhasil artinya tidak ada masalah pada jalur ini.
 power-off
Pengukuran tegangan pada kabel sisi luar di atas ternyata tegangan nl artinya koneksi terputus. Di sini masalahnya. Jalan keluarnya ganti saja dengan yang baru. Moga-moga anda bisa mendapatkan yang seperti ini.
 replace-dc-in-power-harness
Masalah ini dapat diselesaikan dengan pergantian DC-IN power jack dengan yang baru.
Dalam beberapa laptop DC-in jack menggunakan kabel yang disolder ke mainboard dan jika itu terjadi maka tidak mudah mengganti yang rusak karena solderan kabel. In some laptops the
 17-power-jack-soldered
Hasilnya setelah selesai seperti gambar di atas, silahkan tes pekerjaan moga-moga berhasil. Selesai. Sebagai saran agar anda tidak mengalami ini, seharusnya ketika charge terpasang kabel tidak boleh terlalu banyak digoyang. Posisikan jack pada posisi yang aman dari gerakan atau sentukan yang sifatnya memaksa bergerak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar