"MEMBERI SESEORANG IKAN ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEHARI, TAPI MENGAJARINYA MENGAIL ENGKAU MEMBERINYA MAKAN SEUMUR HIDUP"

Selasa, 23 Oktober 2012

Monitor LCD LG Mati Total


Berikut salah satu contoh kasus LCD Monitor Mati Total, pada dasarnya sama untuk semua jenis LCD Monitor. Indikasinya adalah : LCD sama sekali tidak mau nyala setelah tombol power ditekan atau bisa juga nyala beberapa saat terus mati sendiri. Kemudian saya membongkar monitor tersebut dengan perlahan karena ukuran nya yang lumayan besar yaitu 19″.
Setelah LCD panel terlepas dari casing, bagian regulator dan mainboard pun saya pisahkan untuk mempermudah saya dalam pengukuran. Namun belum saya melakukan pengukuran saat memisahkan blok tersebut, saya telah melihat sebuah kapasitor yang rusak mengembung di bagian keluaran 5volt regulator.Tentu saja saya langsung curiga bahwa inilah penyebabnya.
Tidak mau gegabah saya tetap melakukan cek tegangan dengan memberikan tegangan listrik ke regulator tersebut dan melakukan pengukuran. Hasilnya tegangan ada namun tidak stabil dan drop hingga 3volt yang normalnya adalah 5volt, hal tersebut sudah tentu mempengaruhi mainboard pada saat start up tidak cukup tegangan untuk . Langsung saja saya ganti kapasitor tersebut dengan nilai yang sama dan langsung mengujinya. Hasil akhirnya, monitor dapat menyala dengan sangat baik tanpa adanya cacat gambar.
Tips : Supaya tidak terjadi seperti itu lagi adalah dengan mengganti elco dengan nilai kapasitansi yg sama tapi nilai tegangan kerja elco di perbesar, misal 470 uF / 16V di ganti 470 uF / 50 V. kalo bisa semua elco yg berfungsi sebagai penghilang riple tegangan otuput regulator di ganti semua dengan nilai tegangan kerja di perbesar. demikian share pengalaman saya, semoga sesuatu banget…
Sumber : Dewata Elektronik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar